Home » » Perbedaan Megabit dan Megabyte

Perbedaan Megabit dan Megabyte

Mungkin kita sering mendengar kata Mbps (Megabits Per second) tapi apa maksudnya, samakah dengan megabyte? Baiklah kalau masih ada yang bingung kita bahas aja sedikit yang saya ambil sumbernya dari about.com.Oke langsung saja ke pembahasan

1 Megabit (Mb) adalah sekitar 200.000 kata teks email dan megabit merupakan 1/8 ukuran dari Megabyte (MB) yang mencapai sekitar 1,6 juta kata teks email.
Bit adalah angka binari, yang merupakan unit kecil dari data komputer. Bit memiliki ukuran lebih kecil dari satu karakter yang kita ketik di dalam email.
Untuk mempermudah, anggaplah bit dan teks/karakter memiliki ukuran yang kurang lebih sama
1 megabit adalah satu juta bit atau sekitar 1 juta karakter. Apabila dibikin rata-rata perkata adalah 5 huruf, maka jumlahnya sekitar 200.000 kata dalam email.
Apabila kita memiliki koneksi internet 50 Mbps, ini berarti kecepatan koneksi komputer kita mampu mentransfer 50 juta bits dalam satu detik atau setara dengan 10 juta kata dalam satu detik di dalam email.
Sedangkan Megabyte (MB) memiliki ukuran 8 kali lebih besar dari megabit. Satu megabyte adalah sekitar 1,2 juta kata dalam email. Megabyte biasanya digunakan untuk ukuran hard drive dan RAM.

0 komentar :

Posting Komentar