Home » , » Membuat Password yang Baik

Membuat Password yang Baik

Sebenarnya membuat password adalah sebuah perkara yang sangat sepele, dah bahkan anak kecil pun bisa. Tapi tidak semua orang bisa membuat password yang aman dan mudah diingat. Berikut akan saya ulas beberapa cara membuat password yang baik, yang saya kutip dari berbagai sumber:
1.  Buatlah singkatan
Yang pertama, buatlah singkatan dari kata-kata favorit kita. Contohnya, lisa memang imut dan manis, maka kita bisa membuatnya menjadi lmidm. Kemudian agar lebih kuat kita tambahkan kata lagi di belakangnya, misal lmidmiloveyou.
2. Buatlah password yang panjang.
Buatlah password dengan menggunakan minimal 6 karakter. Banyak kita jumpai ketika membuat sebuah akun baik itu e mail atau jejaring sosial, kita diminta memasukkan minimal 6 karakter. Ini bertujuan agar lebih aman dari serangan hacker yang tidak bertanggung jawab.
3. Menggunakan perpaduan lower case dan upper case
Perpaduan antara lower case dan upper case akan lebih canggih untuk keamanan password, tak jarang ketika kita membuat akun penting seperti Paypal, atau internet banking kita disuruh untuk menggunakan password yang semacam itu. Maksudnya adalah kita membuat perpaduan antara huruf dengan menekan shift dan tanpa menekan shift. Contoh: p@SwordQu, huruf @, S dan Q adalah upper case, dan sisanya adalah lower case. Sebenarnya saya ragu apakah karakter @ disebut juga uppercase letter, karena pengertian uppercase sendiri yang saya temui di wikipedia tidak menyebut-nyebut karakter itu dan saudara-saudatanya. Tapi anggap saja demikian.
4. Menggunakan perpaduan angka
Selain upper case dan lower case letter kita juga bisa menggunakan perpaduan angka, misal p4ssword. Jangan takut dikatain @ll4y... hiks, lagipula nggak ada yang tau kan kalau kita 4L1@y (yang ini lebay bangg3t, Sump4h)
4. Ganti password
Ganti password secara berkala beberapa hari, atau beberapa minggu sekali. Mengganti password sendiri bisa dilakukan dengan membalik password kita, atau menggantinya dengan upper case letter atau angka. Misal tadi kita membuat lmidmiloveyou, maka kita bisa ganti dengan iloveyoulmidm atau dengan lmidmil0v3you.
5. 15 karekter untuk file rar dan zip
Kalau yang ini pengalaman pribadi, ceritanya pernah dapat file rar yang dipassword, mau coba pake software rar cracker gratisan tapi ternyata software tersebut tidak bisa membuka dokumen dengan password lebih dari 15 karakter. Makanya kalau kita membuat password untuk file rar dan zip usahakan gunaakan lebih dari 15 karakter.
Dan yang terakhir, ingat atau catat password yang telah kita buat, karena kita biasanya memiliki banyak password untuk berbagai macam keperluan. Silahkan kalau ada yang ingin menambahkan, leave your comment.

0 comments :

Post a Comment