Home » , » 12 Shortcut keyboard untuk Internet browser

12 Shortcut keyboard untuk Internet browser

Keyboard
Langsung saja disimak 12 Tombol pintas untuk internet. Monggo, selamat membaca.

1. Ctrl+T
Biasanya ketika kita browsing tidak cukup membuka satu tab saja, karena kita ingin menelusuri alamat-alamat lainnya, misal kita sedang membuka email dan ingin membuka URL lain, maka biasanya kita mengklik tanda + pada ujung tab, sehingga muncul tab baru. Agar kita bisa bekerja lebih cepat maka kita cukup menggunakan jalan pintas a.k.a shortcut yaitu dengan menekan Ctrl+T maka keluarlah tab baru pada browser anda.

2. Ctrl+Page Up
Fungsi short cut yang kedua adalah Ctrl+PageUp, fungsinya adalah untuk berpindah antar tab, namun Ctrl+Page Up kita gunakan untuk memindah tab ke belakang atau ke kiri.

3. Ctrl+Page Down
Yang ini pasti sudah bisa nebak kan, yups betul sekali kebalikan dari Ctrl+ Page Up yaitu memindah tab ke depan atau ke kanan.

4. Alt+D
Kalau kita males menggerakan mouse ke address bar kita bisa gunakan tombol ini, fungsinya yaitu meletakkan kursor ke address bar, dan sekaligus memblok alamat URL yang ada. Misal kita ingin mengganti alamat yang ada di address bar, maka kita tidak perlu repot-repot mengklik dan membloknya sudah terblok dengan sendirinya.

5. Ctrl+enter
Tombol yang satu ini adalah untuk menulis alamat URL tanpa mengetikkan www dan com, tombol ini berlaku untuk URL yang menggunakan .com. Contoh kita mengetikkan kompas, kemudian tekan Ctrl+Enter, maka otomatis akan keluar www.kompas.com. Sedangkan untuk .net maka kita gunakan Shift+Enter, dan untuk .org tekan Shift+Ctrl+Enter.

6. Ctrl+D
Bagi yang suka menjelajahi forum-forum pasti tidak asing lagi dengan tombol ini, sering kita jumpai komen di sebuah thread "Nais inpo gan, kontrol D dulu" maksudnya info yang bagus, saya bookmark dulu biar nanti dibuka lagi lain waktu. Yups fungsi tombol ini adalah untuk bookmark halaman web. Biasanya setelah tombol ini kita tekan akan muncul dialog yang memberikan pilihan name, folder dan tags. Silahkan dimodifikasi sendiri.

7. Ctrl+Scroll/Ctrl+(+/-)
Tombol Ctrl+Scroll/Ctrl+(+/-) adalah untuk zoom in dan zoom out halaman web. Untuk zoom in scroll mouse ke depan dan sebaliknya, atau Ctrl+(+) untuk zoom in dan Ctrl+ (-) untukzoom out. Oh ya maksud zoom adalah untuk memperbesar tampilan halaman web menjadi lebih besar (zoom in) atau lebih kecil (zoom out), kali aja ada yang belum tau :D

8. Ctrl+F4
Untuk menutup tab, gunakan tombol ini, sementara untuk menutup keseluruhan window gunakan Alt+F4

9. Backspace
Sudah pada kenal sama tombol yang satu ini kan? Kalo belum coba menunduk sebentar ke arah keyboard dan melirik ke arah kanan, meliriknya biasa aja ga usah kaya yang di FTV hiks, nah di atas tombol Enter itulah tombol backspace itu berada. Oh sudah pada tau ya? Ya sudah, apa sebenarnya fungsi tombol ini. Yaitu untuk kembali ke halaman berikutnya, daripada kita mengklik tombol back, yang ada disebelah kiri atas browser biasanya, kita cukup gunakan back space.

10. F5
Tombol yang ini untuk refresh halaman.

11. Alt+Home
Tombol ini untuk kembali ke home page, yaitu halaman awal ketika browser kita dibuka. Bukan halaman index blog/website.

12. Esc
Nah yang terakhir, last but not the least, ciee pake bahasa linggis. Tombol yang ini fungsinya untuk menghentikan loading. Kadang kita temui beberapa situs yang loadingnya berat karena banyak memasang widget, tetapi sebenarnya artikelnya udah kebaca. maka biar tidak menganggu pemandangan kita tekan aja tombol esc. Tombol ini menggantikan tanda silang yang ada di sebelah kanan address bar.

Itu saja mungkin yang bisa saya tulis untuk menambah pengetahuan bagi yang masih awam masalah dunia shortcut. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Apabila ada yang ingin menambahkan silahkan tulis di kotak komentar, please jangan nyepam.

2 komentar :